- Al `Aziiz : Yang Maha Perkasa
- Al Wahhaab : Yang Maha Pemberi Karunia
- Al Fattaah : Yang Maha Pembuka Rahmat
- Al Qayyuum : Yang Maha Mandiri
- Al Haadii : Yang Maha Pemberi Petunjuk
- Ar Razzaaq : Yang Maha Pemberi Rezeki
- Al `Adl : Yang Maha Adil
- As Salaam : Yang Maha Memberi Kesejahteraan
- Al Ghaffaar : Yang Maha Pengampun
- Al Malik : Yang Maha Merajai/Memerintah
- 1. Malaikat Jibril : Menyampaikan wahyu
- 2. Malaikat Mikail : Memberi rezeki
3. Malaikat Israfil : Menium trompet sangkakala - 4. Malaikat Izrail : mencabut nyawa
- 6.
Malaikat Nakir dan Malaikat Munkar : Menanyakan disaat di alam kubur
7. Malaikat Rokib : Mencatat amal baik
8. Malaikat Atid : Mencatat amal jahat
9. Malaikat Malik : Menjaga pintu neraka - 10. Malaikat Ridwan : Menjaga pintu surga
4. Sifat'' rasul Allah
5. Nama - Nama hari akhir
- .Nafkhotan :yakni peniupan 2 kali sangkakala,oleh malaikat israfil.
- .Ba'ats : hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur
- .Mahsyar : hari dikumpulkan nya manusia dipadang mahsyar untuk diadil
- .Hisab : perhitungan amal baik dan buruk pada saat didunia
- .Mizan : penimbangan amal dan dosa
Al zaljalah :
إِذَا زُلْزِلَتِ الأرْضُ زِلْزَالَهَا ١ :
وَأَخْرَجَتِ الأرْضُ أَثْقَالَهَا ٢ :
وَقَالَ الإنْسَانُ مَا لَهَا ٣
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا ٤
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَى لَهَا ٥
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُمْ ٦
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ ٧
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ ٨
1. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[1596],
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.
7. Jenis kiamat : Kiamat sugro (kecil) ; Kiamat kubro (besar)
8. Jenis takdir : Takdir Mubram (sudah ditetapkan sebelum lahir) ; Takdir Muallaq (Masih bisa diubah)
9. Sikap yang bertentangan dengan qada dan qadar Allah swt : sombong, takabur
10. Dalil naqli tentang qadha dan qadar : Q.S. an-Nisaa’ Ayat 79 ;Q.S. al-Israa’ Ayat 13
Q.S an-nisa
مَّآ أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ وَمَآ أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَٰكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًا
Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.Q.S AL-ANBIYAA’ AYAT 101 ;Q.S AL-QAMAR AYAT 49
11. Tawadhu, taa, sabar : *Tawadhu : rendah hati
12. Penerapan perilaku terpuji (Kerja keras, ulet, tekun, teliti)
13. Ciri'' terpuji : Zuhud (meninggalkan demi kebaikan) ; Tawadhu (rendah hati)
14. Adab makan dan minum : mencuci kedua tangan , membaca doa sebelum makan
15. Sifat qanaah : merasa cukup atas nikmat yang telah di berikan
16. Dalil sifat tasamuh (menghormati) : Q.S AL-An'am ayat 108.
عَدْوًۢا بِغَيْرِ عِلْمٍ ۗ كَذَٰلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَىٰ وَلَا تَسُبُّوا۟ ٱلَّذِينَ يَدْعُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ فَيَسُبُّوا۟ ٱللَّهَرَبِّهِم مَّرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ
Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.17. Perilaku tercela :
Aminah : sikap seseorang yang lebih mementingkan diri sendiri
Ghadab : Sifat seseorang yang mudah marah
Hasad : Sikap Iri
Ghibah : Menggunjing atau membicarakan orang lain (Menggosip)
Naminah : Adu Domba
18. Sikap munafik : Akan dijauhi (akibat)
19. Sikap dendam : Senang saat seseorang yang dibenci menderita (ciri'')
20. Takabur (sombong) : Perbanyak ibadah (cara menghindari)
21. Huruf Syamsiah
Huruf syamsiah atau huruf matahari adalah huruf yang menghilangkan pembacaan dari huruf lam, contohnya pada kata al-syamsiyah (الشمسية) harus dibaca as-syamsiyah dengan menghilangkan pembacaan dari huruf lam.
Jumlah huruf syamsiah ada 14 huruf hijaiah, yakni: ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل
Huruf Qamariah
Huruf qamariah atau huruf bulan adalah huruf yang dibaca secara jelas namun tetap mempertegas pembacaan dari huruf lam, contohnya pada kata al-qamariyah (القمرية) harus dan tetap dibaca al-qamariyah dengan menegaskan pembacaan dari huruf lam.
Jumlah huruf qamariah ada 14 huruf hijaiah, yakni: ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه
22. Idghom bighunnah :
Idghom artinya memasukkan sesuatu kepada sesuatu, Bi Ghunnah artinya dengan disertai suara dengung.Yaitu apabila ada nun mati atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf empat, yaitu :
ي, ن , م , و
Idghom bila ghunnahApabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari dua huruf yaitu : ل dan ر
Cara membacanya : Huruf pertama yang berupa nun mati atau bertanwin dimasukkan kesalah satu dari dua huruf dengan tidak disertai suara dengung ( Bilaghunnah ).
Contoh :
منْ رَّ ِبّهِمْ , غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ , هُدىً لِّلْمُتَّقِيْنَ , يُبَيِّنْ لَكُمْ
23. Mad :
a).Mad Thobi’i, yaitu mad yang masih asli belum bertemu dengan bertemu dengan huruf-huruf lain
b) Mad Wajib Mutashil : Mad Thobi’i yang bertemu dengan
hamzah dalam satu kalimat. Cara membacanya dua setenga alif sampai tiga
alif (5-6 ketukan)c) Mad jaiz Munfashil : bila ada mad thobi’i bertemu dengan huruf hamzah dimana hamzahnya berada di kata berikutnya. Cara membacanya dua setengan alif atau 5 ketujkan.
d) Mad Arid lis Sukun > mad thobi’i yang bertemu dengan huruf hidup tetapi dibaca mati kerena diwaqafkan. Cara membacanya dua setenga alif sampai tiga alif (5-6 ketukan)
e) Mad Iwad : mad yang berharakat fathah tain yang dibaca waqah. Huruf yang berharakat fathah tain diganti menjadi fathah biasa dan panjangnya dua ketukan.
Waqaf :
24. Huruf qalqalah : ق ط ب ج د
a. Qalqalah kubra (besar) yaitu Huruf
Qalqalah yang berbaris hidup, dimatikan karena waqaf. inilah Qalqalah yang
paling utama, cara membacanya dikeraskan qalqalahnya.Contoh : مَا خَلَقَ . أُوْلُوا اْلأَلْبَابِ . زَوْجٍ بَهِيْجٍ .
b. Qalqalah Sugra (kecil) yaitu Huruf Qalqalah yang berbaris mati, tetapi tidak waqaf padanya,caranya membacanya kurang dikeraskan Qalqalahnya.
Contoh : يَقْطَعُوْنَ إِلاَّ إِبْلِيْسَ وَمَا أَدْرَاكَ
Ra ر
Tafkhim artinya tebal : ra dengan dhummah/fathah
25. Surat At-tin
Wat tiini waz zaituun[i] ; Wa thuuri siiniin ; Wa haadzal
baladil amiin ; Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiin ; Tsumma radadnaahu
asfala saafiliin ; Illal ladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati fa lahum ajrun
ghairu mamnuun ; Fa maa yukadzdzibuka ba’du biddiin ; Alaisallahubi ahkamil
haakimiin
26. Sikap yang terpuji di surat at-tin : Bekerja keras
27 & 28 Al-insyirah
1.A lam nasyrah
laka shadrak[a].
Tidakkah Kami lapangkan dadamu untukmu?
2.Wa wadla’naa ‘an
ka wizrak[a].
Dan Kami lepaskan bebanmu dari padamu.
3.Alladzii anqadha
zhahrak[a].
Yang memberatkan punggungmu.
4.Wa rafa’naa laka
dzikrak[a].
Dan Kami meninggikan bagimu sebutanmu (namamu).
5.Fa inna ma’al
‘usri yusraa [yusran].
Sebab sesungguhnya beserta (sehabis) kesulitan itu ada
kemudahan.
6.Inna ma’al ‘usri
yusraa [yusran].
Sesungguhnya beserta (sehabis) kesulitan ada kemudahan.
7.Fa idzaa
faraghta fan shab.
Maka apabila kamu telah selesai (urusan dunia) maka
bersungguh-sungguhlah (dalam beribadah).
8.Wa ilaa rabbika
farghab.
Kepada Tuhanmu berharaplah
29. Contoh perilaku menuntut ilmu sesuai dngn hadis
iutlubul ilma walu bissyin. fainna tolabal
ilmi faridotun ala kulli muslimin innal malaikata tadho u
ajnitaha litolibil ilmi ri tho ima yatlubu
Artinya: “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka kepada para penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut
Artinya: “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka kepada para penuntut ilmu karena senang (rela) dengan yang ia tuntut
30. Penyebab mandi wajib : Haid, nifas
31. Rukun salat :
1. Berdiri bagi yang mampu
2. Takbiiratul-Ihraam,
4. Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya
5. Ruku’,I’tidal setelah ruku’
6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah
7. Duduk di antara dua sujud
8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan
9. Tertib rukun-rukunnya
10. Tasyahhud Akhir
11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir
12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
13. Salam dua kali.
2. Takbiiratul-Ihraam,
4. Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya
5. Ruku’,I’tidal setelah ruku’
6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah
7. Duduk di antara dua sujud
8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan
9. Tertib rukun-rukunnya
10. Tasyahhud Akhir
11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir
12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
13. Salam dua kali.
32. Contoh sholat sunnah rawatib : Qabliyah ( sebelum) ; Ba'diyah (sesudah)
Muakkad : Dua rakaat qabliyah subuh, dua rakaat qabliyah zuhur, dua rakaat ba'diyah zuhur, dua rakaat ba'diyah magrib dan dua rakaat ba'diyah isya
Gair Muakkad : Dua rakaat qabliyah zuhur, dua rakaat ba'diyah zuhur, 4 rakaat qabliyah asar, 2 rkaat qabliyah magrib, 2 rakaat qabliyah isya
45. Narasi tentang Rasullah Saw. dlm membangun madinah melalui ekonomi dan perdagangan, yg bisa diteladani : gigih, bekerja keras
46. Tokoh ilmuwan pada masa abbasiyyah
Kedokteran: Abu Zakaria Ar-Razi,Ibnu Sina, Ibnu Saha
Filsafat: Al Kindi, Al Farrabi
Matematika : Al Khawarizi, Abu Kamil Sujak
Astronomi: Musa Ibrahim A- Farazi, Al Farghani, Al Battani
Sejarah Geografi: Al Mas'ud
Filsafat: Al Kindi, Al Farrabi
Matematika : Al Khawarizi, Abu Kamil Sujak
Astronomi: Musa Ibrahim A- Farazi, Al Farghani, Al Battani
Sejarah Geografi: Al Mas'ud
47. Yg bisa diteladani dr ilustrasi sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dn peradaban islam
49. Sikap yang dapat diteladani dr peran kerajaan islam di indo dlm dakwah, pend, eko, kebud srta perlawanan penjajah
50. Sikap yg dpt diteladani dr tradisi yg bernuansa islam di indo
1. Khatib harus membaca Hamdalah, pada khutbah pertama dan khutbah kedua.
2. Khatib harus membaca Shalawat kepada Rasulullah saw
3. Khatib harus berwasiat kepada hadlirin agar bertaqwa kepada Allah
4. Khatib harus membaca ayat Al-Qur’an pada salah satu dari dua khutbah.
5. Khatib harus mendoakan seluruh kaum muslimin pada khutbah kedua.Sunnah-Sunnah Khutbah
Kisi - kisi simdik
13. Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sujud yang relevan dengan ilustrasi tersebut
Pengertian Sujud Sahwi, Sujud Sahwi adalah sujud karena lupa, maksudnya : sujud dua kali karena terlupa salah satu rukun shalat, baik kelebihan maupun kekurangan dalam melaksanakannya.
Pengertian Sujud Syukur, Sujud Syukur ialah sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali di waktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar.
Pengertian Sujud Tilawah, Sujud Tilawah ialah sujud diwaktu membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah.
14. Disajikan nama-nama shalat sunnat, peserta didik dapat menetukan nama shalat sunnat yang dilaksanakan secara berjama'ah.
- Salat 'Idain
- Salat Gerhana
- Salat Istiqa'
Setiap anggota 2,5 kg beras/setara dengan makanan
16. ditampilkan ketentuan puasa peserta didik dapat menyebutkan syarat wajib puasa
Islam, baligh, mampu, mempunyai akal
17. Pesertadidik dapat menyebutkan hari yang termasuk diharamkan puasa
- hari raya idul fitri
- hari raya idul adha
- hari tasyrik : Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah
18. Peserta didik dapat menentukan waktu puasa sunah
Senin & Kamis
19. Peserta didik dapat menunjukkan tata cara menyembelih hewan menurut ajaran Islam.
Dengan cara hewan harus disenangkan terlebih dahulu,lalu terlentangkan ke arah kiblat,jangan menyiksa atau melemaskan hewan dengan cara dipukul atau yang sejenisnya,sembelih ke arah urat nafasnya agar hewan tidak tersiksa lama lama,dan bacalah bismillah
20. Disajikan gambar-gambar hewan-hewan, peserta didik dapat menunjukkan hewan yang dapat dikurbankan (Domba, kambing, sampi, onta)
21. Peserta didik dapat menyebutkan waktu pelaksanaan aqiqah : 7 hr stlah kelahiran
22. Disajikan deskripsi suatu amalan dalam ibadah haji, peserta didik dapat menentukan jenis amalan tersebut
√sebelum 8 dzulhijjah, umat Islam dari seluruh dunia melaksanakan Tawaf Haji di Masjidil haram
√8 Dzulhijjah, jamaah haji memakai Ihram kemudian berniat haji dan membaca bacaan Talbiyah
√9 Dzulhijjah, pergi ke padang Arafah untuk melaksanakan ibadah Wukuf
√10 Dzulhijjah, jamaah menuju Mina untuk melaksanakan Jumrah Aqabah atau sama persis pada tanggal 9 dzulhijjah
√11 Dzulhijjah, melempar jumrah sambungan (Ula dan Wustha)
√12 Dzulhijjah, sama kayak tadi melempar jumrah sambungan
√13 Dzulhijjah, melaksanakan Tawaf Wada sebelum pulang ke negara masing - masing
23. Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hikmah umrah
Menambah keimanan, Lebih mendekatkan diri kepada allah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar